Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 manfaat istirahat yang cukup untuk kesehatan tubuh

manfaat istirahat yang cukup untuk kesehatan tubuh.
manfaat istirahat yang cukup untuk kesehatan tubuh
Pixabay
Pasti kita semua menginginkan kesehatan akan tubuh kita namun ketika anda tidak memiliki tidur yang cukup, bisa jadi dapat mempengaruhi mood, berat badan dan lain-lain lalu apa saja manfaat istirahat yang cukup, manfaatnya sangatlah banyak terutama untuk kesehatan jasmani dan rohani berikut ulasan nya.

  1.  Meningkatkan kesehatan tubuh, tidur yang cukup sangat lah baik untuk tubuh bahkan memiliki peranan yang sangatlah penting, sedangkan tidur yang tidak cukup sangatlah beresiko untuk kesehatan bahkan berakibat fatal seperti stroke, ginjal, jantung, diabetes, setres naik, detak jantung yang tidak teratur, dan tekanan darah tinggi.
  2. Baik untuk pertumbuhan hormon, Jika anda sedang berada dalam masa pertumbahan, tidur yang cukup dapat membantu memperbaiki sel dan jaringan pada hormon dan meningkatkan otot pada anak, remaja, dan dewasa, tidur yang cukup dapat membantu tubuh untuk melepaskan hormon dan mendukung pertumbuhan yang normal, tidak hanya itu istirahat atau tidur yang cukup sangatlah penting untuk masa pubertas serta kesuburan.
  3. Ingatan akan lebih tajam, tidur yang cukup akan baik untuk mempertajam ingatan anda, akibat kurang nya dari tidur atau istirahat menyebabkan kepala cepat pusing malahan membuat kita akan cepat pikun atau pelupa, jika kuranyah tidur ingatan tidak bisa tersimpan dengan baik didalam otak bahkan bisa hilang.
  4. Mood akan lebih baik, akibat kurang nya tidur mood menjadi buruk itu diakibatkan karena kurangnyah istirahat atau tidur, jika anda mempunyai tidur yang cukup mood anda akan lebih baik.
  5. Otak akan cepat tanggap, tidur yang cukup dapat mengatasi kurangnya berkonsentrasi pada otak, tidur yang buruk dapat mengakibat kan otak cendrung akan bereaksi lebih lambat atau lemot dan kesalahan akan lebih banyak didapat.
  6. Fokus akan meningkat, jika anda mau berkendaraan jauh atau mudik, lebih baik untuk beristirahat dulu agar keselamatan diri anda terjaga, tidak hanya akan berkendara saja namun ketika anda mau bekerja pun anda harus beristirahat dulu biar keselamatan anda terjaga, apalagi ketika anda mempunyai pekerjaan yang sangat berbahaya atau berisiko, tidur atau istirahat sangatlah penting agar fokus anda meningkat.
  7. Sistem tubuh akan lebih kuat, nah untuk anda yang sering merasakan, mudah masuk angin, perut anda terasa mual, kepala cepat pusing, badan terasa cepat lelah mungkin itu disebabkan akibat kurang tidur.
  8. Suasana hati akan lebih tenang, nah bila anda cepat marah, tidak sabaran, paktor dari kurangnyah tidur atau istirahat bisa jadi penyebabnyah, bahkan seseorang yang tidak memiliki tidur yang cukup cendrung murung, depresi, dan stres, bahkan akan cepat lelah.

Nah itulah tips manfaat istirahat yang cukup untuk kesehatan tubuh, agar lebih maksimal, anda harus memiliki tidur yang cukup dan sesuai anjuran untuk seorang dewasa tidur yang di sarankan 7 atau 9 jam perhari anak usia 6 sampai 13 tahun 9 atau 11 jam perhari dan untuk balita usia 3 sampai 5 tahun 10 atau 13 jam perhari, terimakasih telah membaca dan biar akan lebih mengetahui nya lebih baik untuk berkonsultasi kepada dokter terdekat, semoga bermanfaat.